Inilah Syarat Monetisasi Akun Youtube

Youtube….. Siapa yang tidak kenal dengan media yang satu ini. Mulai dari anak anak sampai yang nenek nenek semua sudah kenal dan paham.  Karena di youtube banyak sekali ditawarkan berbagai macam video hiburan, video tips dan Trik, video film, serta masih banyak lagi kategori yang lain. Bahkan mungkin anda sendiri saat ini sudah punya channel di youtube. Para artis pun saat ini berlomba lomba membuat konten melalui youtube, disamping dari media sosial pribadi lainnya. Karena dengan menggunakan youtube, maka mereka berkesempatan untuk memonetisasi channel mereka dengan memanfaatkan Subscriber dan penonton.

Saat ini telah banyak pengguna youtube yang melakukan monetisasi pada kanal youtube yang dimilikinya. Sebelum menjelaskan lebih lanjut, perlu diketahui apa itu monetisasi…..?.

Secara singkat, Monetisasi adalah sebuah aktivitas yang memiliki tujuan agar kanal youtube individu maupun instansi dapat memberikan penghasilan. Aktivitas monetisasi ini bersifat sah dan memiliki beberapa syarat pada penggunaannya.

Iklan atau adsense yang terpasang pada sebuah kanal youtube akan dikenakan biaya dan biaya tersebut nantinya akan diberikan kepada pemilik video tersebut. Tentunya terdapat beberapa syarat monetisasi youtube agar video pada kanal Anda dapat terpasang oleh iklan. Syarat-syarat tersebut dapat berupa banyaknya jumlah subscribers pada kanal Anda hingga isi dari konten video yang Anda upload.

Lalu apa saja Manfaat untuk Pemilik Akun dan Pengiklan

Monetisasi memberikan kesempatan untuk pelaku usaha yang ingin mengiklankan usaha atau jasanya di dalam video yang dibuat oleh pemilik akun. Sama halnya dengan media lain, iklan yang terdapat pada kanal youtube akan dibebankan tarif sesuai dengan durasi dan konten dari iklan tersebut. Tarif yang dibebankan kepada pengiklan nantinya akan otomatis masuk kepada pihak Youtube terlebih dahulu.

Setelah biaya tersebut masuk ke pihak Youtube, nantinya biaya yang telah melewati prosedur pemotongan tersebut akan diteruskan kepada pemilik akun. Tidak semua video dan akun Youtube dapat menggunakan proses monetisasi ini. Terdapat beberapa prosedur yang perlu dilakukan oleh pemilik akun agar kanal Youtube yang dimilikinya dapat dimasuki oleh iklan.

BERIKUT INI SYARAT DAN KETENTUAN MONETISASI KANAL YOUTUBE 

Untuk memberikan kesempatan bagi adsense agar masuk ke kanal youtube, Anda perlu melakukan beberapa prosedur terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar pengiklan juga mendapatkan manfaat dari banyaknya orang yang menonton video dari pemilik akun tersebut.

Tentunya pengiklan akan rugi jika mereka memasangkan iklan pada kreator yang hanya memiliki sedikit penonton dan konten yang ditawarkannya tidak menarik. Maka dari itu dibuatlah berapa syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi oleh para kreator youtube. Berikut adalah beberapa syarat monetisasi youtube yang perlu Anda ketahui sebagai kreator Youtube.

>Memiliki Minimal 1.000 Subscribers.

Agar adsense bisa masuk ke akun Youtube, Anda perlu memiliki minimal 1.000 subscribers. Subscribers adalah akun youtube dari orang lain yang tertarik pada video yang Anda buat dan berlangganan pada kanal Youtube milik Anda. Dengan asumsi bahwa ketika Anda memiliki 1000 subscribers, dapat diartikan bahwa Anda telah memiliki pasar atas konten yang Anda buat.

Selain itu, Hal ini pun dapat menjadi sebuah parameter bagi pengiklan agar setidaknya iklan yang mereka masukan ke dalam video tersebut ditonton sebanyak jumlah subscriber pada kanal Youtube Anda.

>Harus Memiliki Minimal Total 4.000 Jam Waktu Tonton

Syarat yang kedua adalah kanal Youtube Anda perlu memiliki minimal total 4.000 jam waktu tonton. Syarat kedua ini adalah untuk memastikan bahwa jumlah subscriber yang dimiliki oleh kanal youtube Anda adalah subscriber aktif. Hal ini karena terdapat beberapa kreator Youtube yang ingin mencurangi sistem dengan membuat subscriber palsu guna memenuhi syarat yang pertama.

Setelah kedua syarat dan ketentuan tersebut dapat terpenuhi, pihak Youtube akan melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa kanal youtube tersebut layak untuk dijadikan media dalam beriklan. Setelah berhasil dan resmi di monetisasi, pemilik akun nantinya akan mendapatkan penghasilan yang akan dikirim secara rutin oleh pihak Youtube.

Dan apabila akun youtube Anda belum diterima untuk monetisasi, jangan menyerah yaa….coba terus perbaiki kualitas dan perbanyak konten anda.

Itulah kiranya sedikit informasi tentang syarat dan ketentuan monetisasi akun youtube. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.